Akreditasi
Puskesmas merupakan keharusan yang akan dilakukan oleh setiap puskesmas dalam
rangka mengikuti aturan permenkes no 46 th 2015.
Akan
tetapi masalah tersering yg dialami oleh teman2 puskesmas adalah kelemahan
dalam penyusunan dokumen.ini juga dialami oleh Puskesmas kami.Memang idealnya
akreditasi dilakukan setelah Puskesmas menjadi BLUD terlebih dahulu sehingga
semua pengeluaran yg memerlukan biaya
banyak dapat teratasi bukan main egoh (jawa) menyisakan dari pengeluaran
lain.sehingga akreditasi yang baik akan tercapai dengan cara yg baik
pula.Kadang hal ini tidak disadari oleh DKK yg memaksakan harus Puskesmas
Terakreditasi.Teman 2 puskesmas sebenarnya ada konsultan akreditasi Puskesmas
tapi biayanya mahal kalo yang swasta bias 40-60 jt spt di banjarnegara ,kalo
yang jawa tenga (under cover) 45 jt Karena tidak semua DKK kabupaten ngeh dan
tidak semua kondisi Puskesmas banyak dana maka biarlah puskesmas kami yang
melakukan itu dan Alhamdulillah bln ini dapat lulus akreditasi bersama pkm di
kab Kendal
Dibawah
ada contoh dokumen lengkap yg kami miliki dari bab 1 sd bab 9 sdh tersusun per BAB
sehingga seperti janji kami AKREDITASI PUSKESMAS ITU GAMPANG
Disamping
itu cara penyusunan dokumen yg dibuat oleh konsultan kami seperti permainan
sehingga tidak membosankan,memang tetap perlu komitmen dan kerja sama Tim
akreditasi Puskesmas.
Contoh
cover sampul stopmap yang harus disediakan dan ditempeli tulisan ini (sdh
lengkap)
Bab I.
Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)
Standar :1.1.
Analisis
Kebutuhan Masyarakat dan Perencanaan Puskesmas.
Kebutuhan masyarakat akan pelayanan Puskesmas diidentifikasi dan tercermin dalam Upaya Puskesmas. Peluang untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan diidentifikasi dan dituangkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
Kebutuhan masyarakat akan pelayanan Puskesmas diidentifikasi dan tercermin dalam Upaya Puskesmas. Peluang untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan diidentifikasi dan dituangkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
Kriteria :1.1.1.
Di
Puskesmas ditetapkan jenis-jenis pelayanan yang disediakan bagi masyarakat dan dilakukan kerja sama untuk mengidentifikasi dan merespon kebutuhan
dan harapan masyarakat akan pelayanan
Puskesmas yang dituangkan dalam perencanaan.
DOKUMEN
1.
SK Kepala Puskesmas tentang jenis
pelayanan yang disediakan.
2.
Brosur, flyer, papan pemberitahuan, poster
3.
Rekam kegiatan menjalin komunikasi
4.
Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat
dengan kegiatan survey atau kegiatan lain (SMD, MMD)
5.
RUK dan RPK Puskesmas, apakah dlm penyusunan
mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
6.
Notulen rapat penyusunan perencanaan Puskesmas:
keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan masyarakat, serta visi,
misi, tupoksi Puskesmas
DOKUMEN TELUSUR
1.
Brosur, flyer, papan
pemberitahuan, poster
2.
Rekam Kegiatan menjalin
komunikasi (Surat Undangan, Daftar hadir, Hasil, RTL)
3.
Hasil identifikasi
kebutuhan dan harapan masyarakat dengan kegiatan survey atau kegiatan lain
4.
RUK dan RPK Puskesmas,
apakah dlm penyusunan mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
5.
Notulen rapat penyusunan
perencanaan Puskesmas: keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan
masyarakat, serta visi, misi, tupoksi Puskesmas
SK
1.
SK Kepala Puskesmas tentang jenis pelayanan yang disediakan
Sehingga kita lebih
mudah memahaminya
DI BAWAH INI DOKUMEN YG TERSEDIA
-Quesioner Survey Masyarakat
Desa
-Manual mutu
- SPM Puskesmas
- kumpulan dokumen
eksternal (permenkes dll)
- cover per BAB 1 – 9
- BAB 1 sd 9 (contoh di
hal selanjutnya yg sabar ya) nanti kami liati yg bab 1
- Pedoman admin
- Pedoman klinis
- Pedoman ukm
- Panduan admin
- Panduan klinis
- Panduan ukm
- Kerangka acuan lengkap
(KAK)
- Pemetaan dokumen BAB 1
sd 9
Sehingga teman2 dalam
mengerjakan akreditasi puskesmas lebih nyaman tinggal menyesuaikan dg kondisi
dan meningkatkan infra struktur yg blm ada.
Kami tawarkan harga per BAB Rp 250 rb
cara ,hub lwt sms no hp ifan ,kirim bab berapa yang dibutuhkan ,transfer ke rek BNI,stl kami cek benar,akan kami kirim lewat alamat email pemesan,trimakasih
selamat bergabung dengan banyak teman yang ingin maju bersama.
Apabila pesan seluruh BAB 1 sd BAB 9 ada BONUS SOP LENGKAP semua unit layanan di Puskesmas selai yg untuk akreditasi. SERTA DISKUSI TTG AKREDITASI
Kami tawarkan harga per BAB Rp 250 rb
cara ,hub lwt sms no hp ifan ,kirim bab berapa yang dibutuhkan ,transfer ke rek BNI,stl kami cek benar,akan kami kirim lewat alamat email pemesan,trimakasih
selamat bergabung dengan banyak teman yang ingin maju bersama.
Apabila pesan seluruh BAB 1 sd BAB 9 ada BONUS SOP LENGKAP semua unit layanan di Puskesmas selai yg untuk akreditasi. SERTA DISKUSI TTG AKREDITASI
HP IFAN : 0821 3760 6464
rek BNI 044 783 1095
Contoh Dokumen yg
kami punya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar