Akreditasi
Puskesmas merupakan keharusan yang akan dilakukan oleh setiap puskesmas dalam
rangka mengikuti aturan permenkes no 46 th 2015.
Akan
tetapi masalah tersering yg dialami oleh teman2 puskesmas adalah kelemahan
dalam penyusunan dokumen.ini juga dialami oleh Puskesmas kami.Memang idealnya
akreditasi dilakukan setelah Puskesmas menjadi BLUD terlebih dahulu sehingga
semua pengeluaran yg memerlukan biaya
banyak dapat teratasi bukan main egoh (jawa) menyisakan dari pengeluaran
lain.sehingga akreditasi yang baik akan tercapai dengan cara yg baik
pula.Kadang hal ini tidak disadari oleh DKK yg memaksakan harus Puskesmas
Terakreditasi.Teman 2 puskesmas sebenarnya ada konsultan akreditasi Puskesmas
tapi biayanya mahal kalo yang swasta bias 40-60 jt spt di banjarnegara ,kalo
yang jawa tenga (under cover) 45 jt Karena tidak semua DKK kabupaten ngeh dan
tidak semua kondisi Puskesmas banyak dana maka biarlah puskesmas kami yang
melakukan itudan Alhamdulillah bln ini dapat lulus akreditasi bersama pkm di
kab Kendal
Dibawah
ada contoh dokumen lengkap yg kami miliki dari bab 1 sd bab 9 sdh tersusun per BAB
sehingga seperti janji kami AKREDITASI PUSKESMAS ITU GAMPANG
Disamping
itu cara penyusunan dokumen yg dibuat oleh konsultan kami seperti permainan
sehingga tidak membosankan,memang tetap perlu komitmen dan kerja sama Tim
akreditasi Puskesmas.
Contoh
cover sampul stopmap yang harus disediakan dan ditempeli tulisan ini (sdh
lengkap)
Bab I.
Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)
Standar :1.1.
Analisis
Kebutuhan Masyarakat dan Perencanaan Puskesmas.
Kebutuhan masyarakat akan pelayanan Puskesmas diidentifikasi dan tercermin dalam Upaya Puskesmas. Peluang untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan diidentifikasi dan dituangkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
Kebutuhan masyarakat akan pelayanan Puskesmas diidentifikasi dan tercermin dalam Upaya Puskesmas. Peluang untuk pengembangan dan peningkatan pelayanan diidentifikasi dan dituangkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan
Kriteria :1.1.1.
Di
Puskesmas ditetapkan jenis-jenis pelayanan yang disediakan bagi masyarakat dan dilakukan kerja sama untuk mengidentifikasi dan merespon kebutuhan
dan harapan masyarakat akan pelayanan
Puskesmas yang dituangkan dalam perencanaan.
DOKUMEN
1.
SK Kepala Puskesmas tentang jenis
pelayanan yang disediakan.
2.
Brosur, flyer, papan pemberitahuan, poster
3.
Rekam kegiatan menjalin komunikasi
4.
Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat
dengan kegiatan survey atau kegiatan lain (SMD, MMD)
5.
RUK dan RPK Puskesmas, apakah dlm penyusunan
mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
6.
Notulen rapat penyusunan perencanaan Puskesmas:
keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan masyarakat, serta visi,
misi, tupoksi Puskesmas
DOKUMEN TELUSUR
1.
Brosur, flyer, papan
pemberitahuan, poster
2.
Rekam Kegiatan menjalin
komunikasi (Surat Undangan, Daftar hadir, Hasil, RTL)
3.
Hasil identifikasi
kebutuhan dan harapan masyarakat dengan kegiatan survey atau kegiatan lain
4.
RUK dan RPK Puskesmas,
apakah dlm penyusunan mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
5.
Notulen rapat penyusunan
perencanaan Puskesmas: keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan
masyarakat, serta visi, misi, tupoksi Puskesmas
SK
1.
SK Kepala Puskesmas tentang jenis pelayanan yang disediakan
Sehingga kita lebih
mudah memahaminya
Dibawah ini dokumen yg
tersedia
-Quesioner Survey Masyarakat
Desa
-Manual mutu
- SPM Puskesmas
- kumpulan dokumen
eksternal (permenkes dll)
- cover per BAB 1 – 9
- BAB 1 sd 9 (contoh di
hal selanjutnya yg sabar ya) nanti kami liati yg bab 1
- Pedoman admin
- Pedoman klinis
- Pedoman ukm
- Panduan admin
- Panduan klinis
- Panduan ukm
- Kerangka acuan lengkap
(KAK)
- Pemetaan dokumen BAB 1
sd 9
Sehingga teman2 dalam
mengerjakan akreditasi puskesmas lebih nyaman tinggal menyesuaikan dg kondisi
dan meningkatkan infra struktur yg blm ada.
HP IFAN : 0821 3760 6464
rek BNI 044 783 1095
Contoh Dokumen yg
kami punya
indahnya berbagi
BalasHapushaloo mas ifan contak saya ua 08123225887
Hapuskenapa sesuatu yang mudah harus dibuat susah
BalasHapuskita contoh rumah sakit
yg cepat beradaptasi dg akreditasi RS (konsultan mestinya)
ilmu itu baru bermanfaat kalau berbagi (inspiring)
BalasHapusoposite thinking ini yg harus dilakukan teman pkm rapikan dokumen berpikir mundur lalu sambil memperbaiki sistim disini kami membantu dalam merapikan dokumen
BalasHapusteman PKM harus berani keluar dari zona nyaman ,berpikir out of box,go to zero for succes together
BalasHapusbagaimana caranya saya mendapatkan dokumen lengkapnya gan....( Puskesmas Sungai Duri..Bengkayang..Kalbar )
BalasHapusharga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
Hapusrek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung
apakah dokumen yang disediakan udah komplit semua...trus kalau dari bab 1 sampai 9 apakah harganya bisa kurang
Hapusapakah dokumen yg disediakan hanya bntuk format kosong...aturan atau hanya pedoman atau hanya tuntunan prsiapan akreditasi puskesmas ? ada gak dokumen yg sdh jadi misal hasil akreditasi di Puskesmas ABC....komplit dari prsiapan sampe hasil...ditunggu info
BalasHapuskomplit
BalasHapusKalau laboratorium masuk bab mana,ya? 8 kah?
BalasHapusya kita lengkap
Hapusapakah dokumen yang dikirimkan nanti sudah lolos dan diakui tim penilai akreditasi?
HapusKAMI LULUS UTAMA
HapusGimana cara dapatkan dokumennya pak
HapusHarga untuk full lengkap dokumen nya berapa pak?
BalasHapusItu yg seperti gambar di bawah, apakah semua isi bab 1 - 9 sudah mencakup kebutuhan dokumen untuk akreditasi, minta tolong info nya yak pak, dan harga untuk full dokumen nya ke 081266286622
Hapussudah,kami tunggu diskusinya ya
Hapus@ hanya 250 rb
BalasHapusApakah dokumennya lengkap sesuai yg diminta di elemen penilaian?dari mulai sk,sop,bukti2,hasil evaluasi dll,kalo lengkap sy mau donk bab 1,caranya gmn?
BalasHapusharga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
Hapusrek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung
Saya tertarik... Bagaimana caranya.
BalasHapusharga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
Hapusrek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung
maaf mau tanya,dokumen per bab itu yang dikirim sudah lengkap semua tinggal dprint ya ?
BalasHapusMas Ifan, boleh donk berbagi ke saya
BalasHapusnti saya Japri yaa
kami lagi mau RE AKRED (tahun 2015 perbnag Terakreditasi baru mencapai DASAR, pengin dunk meningkat....
halo mas ,apakah dokumennya masih tersedia?
BalasHapusMas saya bab 6.
BalasHapusApakah masih tersedia
BalasHapusmat malam mas..sy mau bab 1..
BalasHapusMas saya mw dong ini
BalasHapusBab 9
BalasHapusBab 9
BalasHapus