Kamis, 16 Juni 2016

AKREDITASI PUSKESMAS MUDAH




Akreditasi Puskesmas merupakan keharusan yang akan dilakukan oleh setiap puskesmas dalam rangka mengikuti aturan permenkes no 46 th 2015.
Akan tetapi masalah tersering yg dialami oleh teman2 puskesmas adalah kelemahan dalam penyusunan dokumen.ini juga dialami oleh Puskesmas kami.Memang idealnya akreditasi dilakukan setelah Puskesmas menjadi BLUD terlebih dahulu sehingga semua pengeluaran yg memerlukan  biaya banyak dapat teratasi bukan main egoh (jawa) menyisakan dari pengeluaran lain.sehingga akreditasi yang baik akan tercapai dengan cara yg baik pula.Kadang hal ini tidak disadari oleh DKK yg memaksakan harus Puskesmas Terakreditasi.Teman 2 puskesmas sebenarnya ada konsultan akreditasi Puskesmas tapi biayanya mahal kalo yang swasta bias 40-60 jt spt di banjarnegara ,kalo yang jawa tenga (under cover) 45 jt Karena tidak semua DKK kabupaten ngeh dan tidak semua kondisi Puskesmas banyak dana maka biarlah puskesmas kami yang melakukan itudan Alhamdulillah bln ini dapat lulus akreditasi bersama pkm di kab Kendal
Dibawah ada contoh dokumen lengkap yg kami miliki dari bab 1 sd bab 9 sdh tersusun per BAB sehingga seperti janji kami AKREDITASI PUSKESMAS ITU GAMPANG
Disamping itu cara penyusunan dokumen yg dibuat oleh konsultan kami seperti permainan sehingga tidak membosankan,memang tetap perlu komitmen dan kerja sama Tim akreditasi Puskesmas.

Contoh cover sampul stopmap yang harus disediakan dan ditempeli tulisan ini (sdh lengkap)
Bab I.
Penyelenggaraan Pelayanan Puskesmas (PPP)

Standar :1.1.
Analisis Kebutuhan Masyarakat dan Perencanaan Puskesmas.
Kebutuhan  masyarakat akan pelayanan  Puskesmas diidentifikasi dan tercermin dalam Upaya Puskesmas.  Peluang untuk pengembangan dan peningkatan  pelayanan  diidentifikasi dan dituangkan dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan


Kriteria :1.1.1.
Di Puskesmas ditetapkan jenis-jenis pelayanan yang disediakan bagi  masyarakat dan dilakukan kerja sama  untuk mengidentifikasi dan merespon kebutuhan dan harapan masyarakat akan pelayanan  Puskesmas yang dituangkan dalam perencanaan.

DOKUMEN

1.    SK Kepala Puskesmas tentang jenis pelayanan yang disediakan.
2.    Brosur, flyer, papan pemberitahuan, poster
3.    Rekam kegiatan menjalin komunikasi
4.    Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dengan kegiatan survey atau kegiatan lain (SMD, MMD)
5.    RUK dan RPK Puskesmas, apakah dlm penyusunan mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
6.    Notulen rapat penyusunan perencanaan Puskesmas: keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan masyarakat, serta visi, misi, tupoksi Puskesmas

DOKUMEN TELUSUR
1.    Brosur, flyer, papan pemberitahuan, poster
2.    Rekam Kegiatan menjalin komunikasi (Surat Undangan, Daftar hadir, Hasil, RTL)
3.    Hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat dengan kegiatan survey atau kegiatan lain
4.    RUK dan RPK Puskesmas, apakah dlm penyusunan mempertimbangkan informasi kebutuhan masyarakat
5.    Notulen rapat penyusunan perencanaan Puskesmas: keselarasan rencana dengan informasi kebutuhan harapan masyarakat, serta visi, misi, tupoksi Puskesmas

SK
1.    SK Kepala Puskesmas tentang jenis pelayanan yang disediakan


Sehingga kita lebih mudah memahaminya
Dibawah ini dokumen yg tersedia
-Quesioner Survey Masyarakat Desa
-Manual mutu
- SPM Puskesmas
- kumpulan dokumen eksternal (permenkes dll)
- cover per BAB 1 – 9
- BAB 1 sd 9 (contoh di hal selanjutnya yg sabar ya) nanti kami liati yg bab 1
- Pedoman admin
- Pedoman klinis
- Pedoman ukm
- Panduan admin
- Panduan klinis
- Panduan ukm
- Kerangka acuan lengkap (KAK)
- Pemetaan dokumen BAB 1 sd 9
Sehingga teman2 dalam mengerjakan akreditasi puskesmas lebih nyaman tinggal menyesuaikan dg kondisi dan meningkatkan infra struktur yg blm ada.

HP IFAN : 0821 3760 6464
rek BNI  044 783 1095


 Contoh Dokumen yg kami punya

33 komentar:

  1. kenapa sesuatu yang mudah harus dibuat susah
    kita contoh rumah sakit
    yg cepat beradaptasi dg akreditasi RS (konsultan mestinya)

    BalasHapus
  2. ilmu itu baru bermanfaat kalau berbagi (inspiring)

    BalasHapus
  3. oposite thinking ini yg harus dilakukan teman pkm rapikan dokumen berpikir mundur lalu sambil memperbaiki sistim disini kami membantu dalam merapikan dokumen

    BalasHapus
  4. teman PKM harus berani keluar dari zona nyaman ,berpikir out of box,go to zero for succes together

    BalasHapus
  5. bagaimana caranya saya mendapatkan dokumen lengkapnya gan....( Puskesmas Sungai Duri..Bengkayang..Kalbar )

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
      rek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung

      Hapus
    2. apakah dokumen yang disediakan udah komplit semua...trus kalau dari bab 1 sampai 9 apakah harganya bisa kurang

      Hapus
  6. apakah dokumen yg disediakan hanya bntuk format kosong...aturan atau hanya pedoman atau hanya tuntunan prsiapan akreditasi puskesmas ? ada gak dokumen yg sdh jadi misal hasil akreditasi di Puskesmas ABC....komplit dari prsiapan sampe hasil...ditunggu info

    BalasHapus
  7. Kalau laboratorium masuk bab mana,ya? 8 kah?

    BalasHapus
  8. Harga untuk full lengkap dokumen nya berapa pak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu yg seperti gambar di bawah, apakah semua isi bab 1 - 9 sudah mencakup kebutuhan dokumen untuk akreditasi, minta tolong info nya yak pak, dan harga untuk full dokumen nya ke 081266286622

      Hapus
  9. Apakah dokumennya lengkap sesuai yg diminta di elemen penilaian?dari mulai sk,sop,bukti2,hasil evaluasi dll,kalo lengkap sy mau donk bab 1,caranya gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
      rek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung

      Hapus
  10. Saya tertarik... Bagaimana caranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. harga per BAB 250 rb,pilih BAB yg dipilih ,kirim transfer ke
      rek BNI 044 783 1095, sms ke no HP ifan 0821 3760 6464 setelah kami cek clear baru kami kirim lewat alamat emailnya,selamat bergabung

      Hapus
  11. maaf mau tanya,dokumen per bab itu yang dikirim sudah lengkap semua tinggal dprint ya ?

    BalasHapus
  12. Mas Ifan, boleh donk berbagi ke saya
    nti saya Japri yaa
    kami lagi mau RE AKRED (tahun 2015 perbnag Terakreditasi baru mencapai DASAR, pengin dunk meningkat....

    BalasHapus
  13. halo mas ,apakah dokumennya masih tersedia?

    BalasHapus
  14. mat malam mas..sy mau bab 1..

    BalasHapus

AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU

  KEBAKARAN Kami menyediakan dokumen reakreditasi Puskesmas  5 BAB 2023  TERAKREDITASI PARIPURNA IFAN 0821 3760 6464