Kamis, 26 September 2019

REAKREDITASI PJ UKM KEREN

Trik kilat khusus untuk Pokja UKM menuju re AKREDiTASi Puskesmas anda... Hebat keren
Jurus :: "Bagaimana Cara Mensiasati Agar Kinerja Pokja UKM sukses merampungkan Bab 4, Bab 5 dan Bab 6 Elemen Penilaian (EP) ??"
Peningkatan kinerja itu juga ikut mengacu pada Bab VI; Standar Penilaian Akreditasi PKM :  
          
                                                                                                                                                                                                                                                          6.1.  Perbaikan kinerja masing-masing UKM Puskesmas konsisten dengan tata nilai, visi, misi dan tujuan Puskesmas, dipahami dan dilaksanakan oleh Kepala Puskesmas, Penanggung jawab UKM Puskesmas dan Pelaksana yang ditunjukkan dalam sikap kepemimpinan.
Kriteria:                                                                                                                                                                                                                                                                   6.1.1. Kepala Puskesmas, Penanggung jawab UKM Puskesmas dan Pelaksana, bertanggung jawab dalam membudayakan  perbaikan  kinerja secara berkesinambungan, konsisten dengan tata nilai, visi, misi, dan tujuan Puskesmas
Pokok Pikiran : • Peningkatan mutu dan kinerja memerlukan peran serta aktif baik Kepala Puskemas, Penanggung jawab UKM Puskesmas, Pelaksana dan pihak-pihak terkait, sehingga perencanaan dan pelaksanaan perbaikan mutu dapat terwujud dan memberikan kepuasan pada sasaran.
Jadi peningkatan kinerja itu , mulai dari awal tahun sampai akhir tahun. Melibatkan semua karyawan, sistematis, focus , konsisten dan berkesinambungan.
Hal ini harus dibedakan dengan “ monitoring dan evaluasi kinerja UKM : Penilaian kinerja UKM  dilakukan .
Penilaian evaluasi kinerja ittu, tentu dilihat apakah ada peningkatan dalam mencapai target atau tidak.
Maka perlu  dilakukan :
A. Identifikasi masalah
B. Analis Penyebab masalah
C. Rencana Tindak Lanjut untuk mengatasi Penyebab masalah
D. mengadakan Tindak Lanjut untuk mengatasi penyebab masalah dan
E. dilakukan Evaluasi .
.
Lihat Bab IV Standar 4.3:
Standar:                                             
                                                                                                                                                                                                                          4.3. Kepala Puskesmas dan Penanggung jawab UKM Puskesmas melakukan evaluasi terhadap kinerja pelaksanaan kegiatan UKM Puskesmas dalam mencapai tujuan dan memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran.
Kriteria:                                            
                                                                                                                                                                                                    4.3.1. Kinerja UKM Puskesmas dievaluasi dan  dianalisis, serta  ditindaklanjuti sebagai bahan untuk perbaikan.
Pokok Pikiran :
• Untuk menilai apakah pelaksanaan kegiatan UKM Puskesmas mencapai tujuan yang diharapkan dan apakah sesuai dengan kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran perlu dilakukan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan..
• Evaluasi dilakukan dengan adanya indikator-indikator serta target-target pencapaian yang jelas.
   Indikator dan target yang harus dicapai ditetapkan berdasarkan Standar Pelayanan Minimal Kabupaten/Kota, Kebijakan/Pedoman dari  Kementerian Kesehatan, Kebijakan/Pedoman dari Dinas Kesehatan Provinsi, dan Kebijakan/Pedoman dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota untuk masing- masing UKM Puskesmas
• Hasil evaluasi ditindaklanjuti dalam bentuk perbaikan-perbaikan dalam pengelolaan maupun pelaksanaan kegiatan..
• Indikator dan target yang harus dicapai ditetapkan berdasarkan pedoman masing- masing UKM Puskesmas.
• Evaluasi meliputi pengumpulan, pengolahan, dan analisis data terhadap indikator kinerja UKM Puskesmas.
.
Tolong dibedakan dengan Standar 6: Standar:

1 komentar:

AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU

  KEBAKARAN Kami menyediakan dokumen reakreditasi Puskesmas  5 BAB 2023  TERAKREDITASI PARIPURNA IFAN 0821 3760 6464