Jurus ::
""Strategi Dramatis Para Punggawa UKM agar lancar bersilat lidah
dengan Surveior terkait Harapan Masyarakat Bidang UKM, Agar Tidak Dikomplain
Pada Hari Kedua Survei""
Pada hari kedua
Survei, maka Puskemas anda akan mendapatkan klarifikasi dan masukan dari Tim
Surveior terkait kejadian hari pertama... Jika penampilan anda pada hari
pertama Survei mantap, maka beban berkurang
Pertanyaan
Surveior terkait "Harapan Masyarakat" adalah urgent alias penting
sekali.... Itu salah satu dasar yang menjadi alasan mengapa ada
suatu kegiatan UKM
Bab 4.1.1.
Pimpinan Puskesmas dan Penanggung jawab UKM Puskesmas menetapkan jenis-jenis
kegiatan UKM Puskesmas yang disusun berdasarkan analisis kebutuhan serta harapan
masyarakat yang dituangkan dalam rencana kegiatan program.
Cara
Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok masyarakat, dan
individu pada bidang UKM...
Kebutuhan dan
harapan masyarakat maupun sasaran program dapat diidentifikasi melalui survey,
kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat.
Cara menjawab
pertanyaan Tim Surveior UKM terkait bagaimana cara Puskemas menjaring atau
mengidentifikasi Harapan Masyarakat ::
A. Pengumpulan
informasi melalui survei :
Survey kebutuhan
dan harapan masyarakat terhadap program. Misalnya : SMD ( Survei Mawas Diri )
B.
Pengumpulan informasi melalui Temu muka dengan tokoh masyarakat :
-
Lokakarya dengan masyarakat/perwakilan masyarakat/lintas sektor
- Musyawarah
Masyarakat Desa (MMD)
C. Pengumpulan
informasi melalui kotak saran
Ingat
!!!!!!!!!!!!
Definisi berikut
ini ::::::
Regulasi :
Panduan/SOP identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/ sasaran terhadap
kegiatan UKM.
Dokumen : Bukti
dilaksanakannya identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat, kelompok
masyarakat, dan individu yang merupakan sasaran kegiatan UKM
Wawancara :
Bagaimana cara puskesmas (penanggung jawab/koordinator program) melakukan
identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/kel masyarakat/sasaran
Pada EP ini yang
dicari adalah “Dilakukan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat,
kelompok masyarakat, dan individu yang merupakan sasaran kegiatan.”
Pembuktian
yang bisa disampaikan disini adalah bukti pelaksanaan kegiatan identifikasi
kebutuhan masyarakat :
1. Bukti-bukti
dari pelaksanaan kegiatan survei, bukti pertemuan dengan tokoh masyarakat dan
lainnya, yang merupakan bahan identifikasi kebutuhan masyarakat.
2. Bukti
rekapitulasi hasil survei dan bagaimana menjelaskan bahwa dari hasil survei
tersebut ada kebutuhan masyarakat.
3. Bukti adanya
pertemuan PJ UKM dan pelaksana-pelaksana program untuk menyusun kebutuhan
masyarakat
Kegiatan-kegiatan
dalam setiap UKM Puskesmas disusun oleh Kepala Puskesmas dan Penanggung jawab
UKM Puskesmas tidak hanya mengacu pada pedoman atau acuan yang sudah ditetapkan
oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, maupun Dinas Kesehatan
Kabupaten/Kota, tetapi perlu memperhatikan : ""kebutuhan dan
harapan masyarakat terutama sasaran program""
Kebutuhan dan
harapan masyarakat maupun sasaran dari UKM Puskesmas dapat diidentifikasi
melalui survei, kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat.
Komunikasi perlu
dilakukan untuk menyampaikan informasi tentang UKM Puskesmas kepada masyarakat,
kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran.
Komunikasi dan
koordinasi perlu juga dilakukan kepada lintas program maupun lintas sektor
terkait.
INI
ADALAH FORMAT AKREDITASI PUSKESMAS TERBARU SEHINGGA SANGAT MEMBANTU
KAWAN,SEMANGAT SALAM SUKSES
SILAKAN
MENCOBA ,KAMI PRAKTISI DI PUSKESMAS SEPERTI ANDA
Hp
ifan Mkes 0821 3760 6464
Rek
bni 044 783 1095
Tidak ada komentar:
Posting Komentar